Sabtu, 22 Desember 2012

Cinta dan Benci


3 Hal yang di CINTAI ALLAH dan yang lebih di CINTAI ALLAH
Serta
3 Hal yang di BENCI ALLAH dan yang lebih di BENCI ALLAH

"Allah Rabbul Izzati Yang Maha Suci berfirman dalam hadits Qudsi ; Allah mencintai tiga perkara dan sangat mencintai kepada tiga hal yang lain. Mereka berjumlah enam orang yang Kami bagi menjadi dua kelompok. 


1) Aku mencintai orang fakir yang rendah hati, sedangkan Aku sangat mencintai orang kaya
yang rendah hati, karena ia punya alasan untuk berlaku sombong, tapi ia tetap rendah hati .
2) Aku mencintai orang kaya yang dermawan, sedangkan Aku lebih mencintai orang miskin yang dermawan.
3) Aku mencintai orang yang sudah tua tapi taat, sedangkan Aku lebih mencintai orang muda yang taat.

Dan Aku membenci tiga perkara dan kebencian-Ku kepada 3 perkara lainnya sangat kuat.

1) Aku benci orang kaya yang sombong tapi Aku lebih benci kepada orang miskin yang sombong.
2) Aku benci orang fakir yang bakhil, tapi Aku lebih benci lagi kepada orang kaya yang bakhil.
3) Aku benci pemuda yang durhaka (ma’siat), tapi Aku lebih benci lagi kepada orang yang sudah tua yang maksiat.
(Hadits Qudsi dalam Tafsir al-Sya’rowi )

Sumber : Tafsir Asy’sya’awi Bab. 105 Hal. 2570

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar